Tuesday, August 07, 2012

Resah Gelisah

Sudah lewat setengah Ramadhan. Masih di kota orang. Sendirian, karena ditinggal Vita mengunjungi mas nya di Cikarang. Ngabuburit cuma ditemani laptop kesayangan dan smartphone yang sudah nggak terlalu smart lagi karena paket internetnya habis. Garing. Kalau nggak ada yang ngajakin buka bersama, terancam buka puasa cuma pake air putih—sukur-sukur dingin. Itupun masih lebih mending dibanding sahur, yang karena nggak ada tukang ngebangunin, ujung-ujungnya kelewatan sampai Subuh sudah setengah enam.

Iya, saya lagi marah. Sama kampus yang seenak-enaknya mengubah format laporan sampai-sampai semua galau dan duit habis demi bolak-balik mencetak laporan. Masih sama kampus, karena membuat jadwal yang mepet-mepet lebaran sehingga setengah Ramadhan saya yang berharga harus dihabiskan dengan nelangsa di kotak 3x3 m berwujud kamar kosan. Sama dosen penilai, yang tidak kunjung memberi kabar tentang laporan saya, apakah harus direvisi atau langsung ditandatangani supaya saya bisa terbang pulang detik ini juga. Sama teman sekampung saya yang beruntung bisa pulang duluan, sempat pamer-pamer pula. Sama perusahaan jasa penerbangan yang kalau memberi harga tidak lihat-lihat dulu yang beli itu pengusaha kaya atau mahasiswa kurus kering macam saya. Dan masih banyak lagi yang ingin saya marahi, tetapi tidak bisa saya tuliskan semua karena selain membuat tulisan ini tidak layak baca (memang sebelumnya layak?) juga membuat pahala puasa saya yang seada-adanya ini menguap bak es batu di gurun sahara. Sudah, sudah.

Setidaknya sendirian membuat saya memikirkan banyak hal, salah satunya tentang masa depan. Baju lebaran, misalnya. Atau apa yang akan saya lakukan setelah wisuda nanti.

Menurut pengalaman yang sudah-sudah, biasanya ada jeda yang lumayan antara selesai wisuda dan mulainya kegiatan magang. Saya pun sudah ancang-ancang memikirkan akan melakukan apa saja di jeda yang belum jelas itu. Les Mandarin, belajar masak, kerja freelance di surat kabar, cari om-om kaya, melanjutkan proyek menulis... Sebenarnya, satu saja yang terlaksana saya pasti sudah senang sekali.

Omong-omong soal menulis. Saya ini payah sekali. Biasanya orang-orang semakin hari semakin berkembang tulisannya, ini saya kok, malah makin bobrok. *tunjuk posting di bawah* Jangankan novel, yang sudah saya janjikan bakalan selesai ke beberapa orang—terimakasih pada mulut besar saya, menulis flash fiction saja tidak bisa benar. Saya akui saya kurang membaca. Dulu, dalam seminggu saya bisa melahap beberapa buku, itupun langsung selesai sekali duduk atau berbaring. Kalau sekarang, satu buku saja belum tentu dibaca sekali sebulan.


Kalau ada yang mau disalahkan, salahkan koneksi internet. Benar-benar sumber distraksi. Baru beberapa menit membaca, buku sudah langsung saya tangkupkan, lalu buru-buru mengecek hengpong atau laptop untuk notifikasi terbaru dari Facebook atau Twitter. Kadang kalau memang tidak ada notifikasi, saya lebih suka membaca timeline. Kadang ketemu objek untuk di-kepo-in. Kadang ikutan galau. Lalu, buku yang baru dibaca beberapa halaman itu langsung terlupakan.

Begitulah. Dengan munculnya kata ‘galau’ rasanya saya ingin sedikit membahas hal itu juga, tapi itu hanya membuktikan hancurnya tata menulis saya karena dari paragraf pertama sampai paragraf terakhir akan sama sekali nggak ada hubungannya. Mungkin galau-nya akan saya bahas lain kali... mungkin tidak sama sekali. Entahlah. Pokoknya, sampai bertemu di posting selanjutnya! J

11 comments:

  1. muncul lagi ya, numpang komen :3
    saya gak pulang sampe abis yudisium looh #pentingbangetini

    wah wah ada yang menulis novel haha. boleh dong saya baca kalau sudah selesai xD

    ups, jangan bilang kemampuan menulis makin buruk dong, ucapan itu doa, saya sudah membuktikan, dulu bilang kemampuan menulis makin buruk dan benar-benar kejadian sampai FF (fan fiction, bukan flash fiction :p) saya hancur semua hahaha... #gakditanya

    oke, tetap semangat! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasi loh udah sering mampir :D
      Serius? *pukpuk dulu kalo gitu hehe

      Habis kenyataannya emang gitu... jadi gondok juga :/ tapi mudah2an berkembang terus deh.
      Iya tau ff itu fanfic, saya juga sempat nulis ff kok :))
      Soal novel, duh, tambah satu orang lagi yang saya janjikan hahaha

      Sip, terimakasih! :D

      Delete
  2. *pupuk echi* :'(

    maaf ya, saya bahkan ngga bisa ngelakuin apa-apa, sampai menghibur dengan benar pun engga. ngerasa malfungsi sebagai teman...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan ngomong gitu atuh mel, saya jadi gaenak :s
      Padahal kamu udah baik banget loh, mana selalu nawarin saya buber juga :*
      thanks for being a really sweet friend yaa :')

      Delete
  3. *pukpuk*
    gak apa-apa :3

    ReplyDelete
  4. *pukpuk*
    sabar jeng,,,

    ReplyDelete
  5. semangat ci... semoga cepet kelar deh n bisa cepet pulang... ^^

    ReplyDelete
  6. "...yang sudah saya janjikan bakalan selesai ke beberapa orang—terimakasih pada mulut besar saya,..."
    --haha gapapa des, salah satu cara yang bisa jadi pecut buat diri sendiri adlh dgn mengumbar hal yang akan kita lakukan ke banyak orang, jadinya kalo kita ga jadi ngelakuin itu orang2 akan "nagih". daripada janji sama diri sendiri, gampang komprominya :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha pengalaman pribadi ya, bar? :p
      harusnya sih gitu, tapi saya ga mempan sama pecut, baru maju kalo dikasi wortel :3

      Delete

What do you think?